5 MANFAAT BUAH SEMANGKA BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT BUAH SEMANGKA DAN EFEK SAMPING BAGI KESEHATAN TUBUH

Siapa yang tidak tahu buah semangka ini, semua orang pasti mengetahui buah semangka ini. Walaupun tidak semua menggemari nya, tetapi hampir semua orang sangat menyukai buah semangka ini karena rasa nya yang segar dan manis. Apa lagi di nikmati saat siang hari pasti sangat segar sekali. Buah semangka ini selain rasa nya yang sangat segar, buah semangka ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. 
Buah semangka mengandug vitamin A, B6, dan C yang sangat baik sebagai antioksidan tubuh. kandungan kalori nya juga sangat rendah jadi tidak perlu khawatir akan bobot badan saat menyantap buah semangka ini. Buah semangka juga kaya akan kandungan potasium dan lycopen yang baik bagi kesehatan jantung dan pencegahan kanker.

Akan tetapi, di balik rasa yang segar dan bagus nya manfaat buah semangka bagi kesehatan tubu, ada juga efek samping unruk tubuh yang di sebabkan oleh buah semnagka ini jika kita mengonsumsi nya terlalu berlebihan.

Nah kali ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat buah semangka dan efek samping yang di timbulkan nya antara lain sebagai berikut :

MANFAAT BUAH SEMANGKA

  • ANTI PENUAAN DINI
Buah semangka ini mengandung banyak nutrisi kompleks seperti lykopen, vitamin A, vitamin C, dan potassiumyang bisa menangkal radikal bebas dari paparan lingkungan yang menyerang kulit anda. Di antara nya adalah papara dari sinar UV matahari, polusi, asap kendaraan, dan lain sebagai nya. paparan-paparan tersebut menimbulkan berbagai masalah pada kulit seperti garis-garis halus, flek hitam, jerawat, dan penuaan dini. Zat anti oksidan pada buah semangka akan membantu tubuh untuk melepaskan timbunan radikal bebas yang ada di tubuh sehingga kulit anda menjadi sehat dan cerah.

  • MENJAGA KELEMBAPAN KULIT
Jika kita memiliki masalah kulit kering dan bersisik, buah semangka adalah salah satu buah yang baik untuk membantu mengatasi masalah kulit kering dan bersisik. Buag semangka mengandung kadar air yang sangat melimpah sehingga dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit kita. mengkonsumsi buah semangka juga menjaga tubuh agar tehindar dari dehidrasi. Untuk memaksimalkan buah semangka untuk kecantikan dan kesehatan kulit kita, selain di konsumsi secara langsung , anda juga bisa memakai buah semangka ini sebagai masker alami untuk memberikan hasil yang lebih maksimal bagi kelembapan kulit kita. gunakanlah masker buah semangka seminggu 2kali untuk memperoleh hasil yang kita inginkan.

  • MEMELIHARA KESEHATAN GINJAL
Buah semangka ini selain mengandung vitamin kompleks yang di butuhkan tubuh kita, juga mengandung kaium yang berpera penting dalam membantu fungsi kerja ginjal. Klium yang terkandung dalam buah semangka ini dapat membersihkan zat-zat racun yang mengendap pada ginjal kita dan melancarkan proses ekskresi serta mengurangi kadar asam urat yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Mengonsumsi buah secara rutin juga akan membuat proses pembuangan racun dan zat sisa makanan dalam tubuh berjalan dengan lebih maksimal sehingga tubuh akan terasa lebih bugar, ringan dan sehat. 

  • MENANGKAL KANKER
Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, bahwa buah semangka mengandung vitamin C dan licopene yang sangat tinggi. Kedua zat ini berpera sangat penting dalam melindungi tubuh dari serangan berbagai macam radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Selai itu, manfaat buah semangka untuk menangkal kanker juga di dapat dari senyawa antioksidan yang tinggi yan terdapat pada kandungan buah semangka tersebut, serta baik untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan penyakit ganas lain nya.

  • MEMELIHARA KESEHATAN TULANG DAN JANTUNG
Di dalam kandungan buah smangka, terkandungan kandungan senyawa likopen yangberfungsi membantu tubuh memelihara fungsi kerja tulang dan jantung. Buah semangka dapat membuat aliran darah dalam jantung terpompa dengan lebih maksimal. Selain itu, sel-sel dalam tubuh juga beregenerasi dengan baik serta tingkatoksidatif pada pembuluh darah yang menjadi penyebab serangan jantung turun secara drastis. Buah semangka juga memiliki kandungan kalsium yang sangat efektif untuk membentuk kepadatan tulang sehingga tulangpun menjadi kokoh dan terbebas dari penyakit osteoporosis.

BAHAYA MENGONSUMSI BUAH SEMANGKA SECARA BERLEBIHAN

Meskipun buah semangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, buah semangka juga memiliki efek samping yang kurang bagus untuk kesehatan jika di konsumsi secara berlebihan. berikut efeksamping buah semangka di antara nya sebagai beriku :

  • GASTROINTESTINAL
Meski di butuh oleh tubuh, namun kandungan lycopen dalam buah semangka apabila di konsumsi dengan cara berlebihan bisa mengganggu sistem pencernaan kita dan memicu timbulnya gastrointestinal. kelebihan lycopene dalam tubuh akan menyebabkan tubuh kita mengalami diare, kembung, mual, dan muntah sehingga sebaik nya anda mengkonsumsi semangka dalam jumlah sewajar nya saja.

  • HYPERKALEMIA 
Buah semangka kaya akan potassium, namun bila di konsumsi secara berlebihan, kandungan potassium yang berlebihan dalam tubuh bisa memicu sebuah kondisi yang disebut hyperkalemia. kondisi hyperkalemia ini berbahaya bagi kesehatan kardiovaskuler jantung yang berpengaruh terhadap detak jantung yang tidak beraturan, gangguan sistem kinerja otot, dan gangguan sistem syaraf. Kelebihan potassium juga buruk bagi organ ginjal karena ginjal harus bekerja keras untuk mengeluarkan kelebihan potassium dalam tubuh dan pada akhirnya bisa memicu terjadinya penurunan fungsi kinerja ginjal akibat kerja ginjal yang terlalu keras.

  • TERGANGGUNYA STABILITAS NUTRISI TUBUH
Buah semangka dengan kandungan antioksidan dan vitamin kompleksnya memang sangatbermanfaat bagi kesehatan karena membantu membersihkan zat sisaan dan racun dalam tubuh. Namu, bila di konsumsi secara berlebihan buah semangka bisa berefek buruk karena nutrisi-nutrisi penting yang terkandung dalam tubuh juga ikut dibersihka dan terbuang. padahal, nutrisi sangat di perlukan agar tubuh tetap bertenaga dan kuat.

  • PEMICU DIABETES
Buah semangka mengandung gilkemik yang cukup tinggi yaitu sebesar 72%. Nilai indeks gilkemik yang tinggi pada buah semangka inilah yang menyebabkan kadar isulin dalam pankreas terurai sehingga kadar gula darah menurun dan timbul penyakit diabetes. kandungan karbohidrat dalam semangka juga cukup tinggi sehingga bila di konsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi kadar gula darah.

  • DARAH RENDAH
Buah semangka jika di konsumsi secara berlebihan akan membuat tekanan darah dalam tubuh menjadi rendah sehingga anda akan menjadi lemas, pusing, leher kram, dan kesemutan. Tekanan darah rendah terjadi saat seseorang memiliki tekanan darah di bawah kondisi normal yaitu 120/80 mmHG.

Nah itulah beberapamanfaat buah semangka bagikesehatan tubuh kita,namun di balik manfaat buah semangka terdapat juga efek samping bagi kesehata tubuh kita apabil di konsumsi secara berlebihan. 
Sekian ratikel pembahasan tenta buah semangka, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita semua.

Saya ucapkan terimakasi karna sudah berkunjung di blog rumah sehat ini.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 MANFAAT BUAH SEMANGKA BAGI KESEHATAN TUBUH"

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    ReplyDelete
  2. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :)

    ReplyDelete