5 MANFAAT SAWI UNTUK KESEHATAN

MANFAAT SAWI UNTUK KESEHATAN

Siapa yang kenal dengan syur sawi ini? pastu kita semua sudah kenl dengan sayur sawi ini, hal tersebut di karenkan sayur sawi adalah salah satu sayur yang sangat sangat akrab dengan kehidupan masyarakat indonesia. Syur sawi ini sering di gunakan untuk di jadikan lauk, dan juga di jadikan salah satu campuran pada salah satu olahan sepeti bakso dan mie ayam, sawi yang sering di gunakan untuk pelengkap bakso dan mie ayam adalah sawi hijau sering juga di sebut dengan nama caisim. Meskipun semua orang si seluruh indonesia ini sudah mengenal sayur sawi ini, akan tetapi belum tentu semua mengetahui akan manfaat sayur sawir bagi kesehatan tubuh.


Sayur sawi ini merupakam salah satu jenis sayuran yang berasal dari marga Brassica. sayur sawi ini di bagi menjadi beberpa jenis seperti sawi hijau sperti caisim dan pakcoy, sawi pahit atau mustard greense, dan juga sawi putih. Walaupu sayur sawi ini memiliki beberpa jenis yang berbeda, akan tetapi manfaat sayur sawi ini tidak lah jauh berbeda.

Sayur sawi ini menjadi salah satu sayuran hijau yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, hal tersebut di karenakan sayur sawi ini memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita. Kandungan-kandungan tersebut seperti vitamin B kompleks dalam bentuk asam folat, vitamin A yang berasal dari karoten, vitamin C, dan juga vitamin K.
Tidak hanya vitamin saja yangterdapat di dalam sayur sawi ini, sawi ini juga memiliki kandungan-kandungan mineral seperti sodium, zat besi, kalium, fosfor, dan juga kalsium. sayur sawi ini juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Berikut ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat sayur sawi untu kesehatan tubuh, antara lain seperti berikut :

SAYUR SAWI SEBAGAI ANTIOKSIDAN
Sumber anti oksidan yang baik ada pada sayur sawi pahit, sebenar nya bukan sawi pahit saja yang memiliki kandungan antioksidan tersebut, melainkan semua jenis sayur sawi memiliki kandungan antioksidan yang sangat di butuh oleh tubuh kita. Kandungan vitamin A dan C dalam sayur sawi dan di tambah juga dengan senyawa lain nya, hak tersebut yang menjadikan salah satu yang mampu menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

SAYUR SAWI SEBAGAI DETOKSIFIKASI TUBUH
Sayur sawi ini juga memiliki manfaat sebagagi detoksifikasi tubuh atau mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Ketika kita sedang melakukan aktivitas sehari-hari, tentunya kita tidak dapat mengontrol apa saja yang masuk di dalam tubuh kita. Pada setiap hari, di saat kita melakukan aktifitas tanpa kita sadari banyak zat-zat yang berbahaya yang masuk kedalam tubuh. Meskipun dengan jumlah yang kecil, aka tetapi seiring berjalan nya waktu, jika zat tersebut tidak di keluarkan, zat-zat tersebut akan menumpuk dan menjadi sangat berbahaya untuk tubuh.

Oleh karena itu, tubuh kita sangat membutuhkan perlindungan, hal tersebut dapat di bantu dengan memakan makanan yang bergizi. Sayur sawi salah satu sayur memiliki kandungan serat ini dapat membantu dalam menyingkirkan zat-zat yang berbahaya yang terdapat di dalam sistem pencernaan. Tidak hanyak di dalam usus saja, kandungan klorofil yang terdapat pada sayur sawi ini juga dapat membantu mengeluarkan zat berbahaya lain nya yang ada di dalam tubuh.

SAWI DAPAT MENCEGAH KANKER
Sayur sawi ini juga memiliki manfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Manfaat ini tidak terlepas dari kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang di miliki oleh sayur sawi tersebut.

Tidak hanya itu, sayur sawi ini juga memiliki kandungan yang bernama glucosinolate. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

SAWI DAPAT MENJAGA SISTEM IMUN TUBUH
Sistem imun tubuh ini memiliki tugas untuk melidungi tubuh, dan melawan penyakit yang akan menyerang tubuh kita. Jadi kita harus tetap menjaga sistem imun tubuh kita agar tetap kuat dengan cara menjaga asupan makana.

Mengkonsumsi sayur sawi secara rutin dapat menjaga kekuatan sistem imun tubuh agar tetap dapat bekerja dengan baik, hal tersebut di karenakan sayur sawi ini memiliki kandungan vitamin C yang sangattinggi. Sayur sawi ini juag memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mencegah peradangan tidak semakin parah.

SAWI DAPAT MENGONTROL KADAR KOLESTEROL
Jika tekanan kolesterol jahat dalam darah kita tinggi, itu dapat membahayakan tubuh kita. Ada beberapa penyebab naiknya kadar kolesterol dalam darah, dan salah satu faktor utama nya di sebabkan oleh faktor makanan. Hal tersebut dapat di atasi dengan cara mengkonsumsi sayuran hijau seperti sawi yang kaya akan kandungan antioksidan.

Nah itulah beberapa manfaat sayur sawi bagi kesehatan tubuh kita, jadi mengkonsumsi sayur sawi ini dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

Sekian artikel ini yang membahas manfaat sayur sawi bagi kesehatan tubuh, saya ucapkan terimakasi karena sudah berkunjung di blog rumah sehat ini.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "5 MANFAAT SAWI UNTUK KESEHATAN"

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete
  2. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    ReplyDelete
  3. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :)

    ReplyDelete
  4. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete